Selasa, 03 Mei 2011

Hemat BBM Pun Ada Tekhniknya

Bagi yang menggunakan BBM non subsidi khususnya Pertamax dan Pertamax Plus tentunya kenaikan harga kali memberikan dampak yang sangat besar. bagaimana tidak, kenaikannya cukup signifikan. tetapi jika menggunakan Premium, mungkin kedaraan anda justru dapat rusak karena oktan yang dimiliki Premium cukup rendah. nah, lantas bagaimana cara mengatasinya? ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk membuat lebih irit bahan bakar anda

Perawatan Mesin Secara Teratur
Mesin yang terawat tentunya memiliki perfoma yang terbaik. pembakaran juga sempurna dan akselerasi mobil anda akan lebih baik. dengan begitu, konsumsi bahan bakar lebih bagus.

Menggunakan Oli Jenis Sport
Penggunaan oli sembarangan selain dapat merusak mesin, ternyata juga menyumbang borosnya BBM mobil. untuk itulah, pemilihan oli harus baik. untuk amannya, gunakan oli jenis sport. karena dengan menggunakan oli jenis ini, mesin mobil dapat bekerja lebih enteng. efeknya tenaga mobil akan bertambah dan BBM akan semakin hemat.

Gunakan Knalpot Standard
Mungkin suara knalpot yang besar terdengar perkasa dan gagah. tetapi jenis knalpot tersebut justru membuat boros. memang untuk mobil balap knalpot tersebut dapat meningkatkan tenaga, tetapi untuk mobil harian, itu justru jauh dari manfaat. bukankah kita tidak boleh balapan dijalanan?

Isi Bensin di Malam Hari
disiang hari, BBM sedang memuai. untuk itu, isilah bahan bakar pada maalm hari. ini cukup efektif meski pengaruhnya tidak terlalu besar.

Hindari Putaran Mesin Yang Terlalu Tinggi
pastikan kecepatan mobil anda stabil. dan jangan melebihi 3000 RPM. kalau mau lebih ekstrem, jagan lebih dari 2500 RPM. meski jalan mobil menjadi lebih pelan, tetapi mesin yang bekerja dengan kecepatan stabil dapat menghemat BBM anda.

Jangan Menggunakan AC di Level Tertinggi
Panas? ingin dingin?eits, jangan buru buru pasang AC di level paling tinggi. semakin tinggi level AC yang anda pasang akan membuat BBM anda makin boros.

Sebaiknya perhatikan kebutuhan anda. jika anda sedang berada di tempat sejuk, tidak ada salahnya anda menurunkan jendela, mematikan AC dan nikmati udara segar yang asli dan tentunya lebih sehat.

Jangan Boros Listrik Pada Kendaraan
bingung dengan listrik kendaraan? listrik kendaraan memang tidak ditanggung oleh PLN seperti dirumah tetapi dari aki dan mesin mobil.
Nah, disini dapat diartikan dengan memasang Audio dengan volume yang berlebihan. ini juga mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan.

Perhatikan Tekanan Angin Pada Ban Kendaraan Anda
Tekanan Angin yang Kurang pada ban kendaraan anda membuat traksi ban pada aspal meningkat.
Ini menyebabkan mesin akan bekerja lebih berat dan membuat konsumsi BBM meningkat. usahakan periksa tekanan angin agar ada diposisi normal dan gunakan ukuran ban yang telah ditetapkan oleh pabrik.

nah, mudah bukan menghemat BBM kendaraan anda? bisa langsung diaplikasikan. selamat berkendara.

teks/gambar :AH/ berbagai sumber
sumber :www.bosmobil.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar