Jumat, 29 April 2011

Rapunzel A Tangled Tale : Bukti Pengorbanan Demi Cinta

pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton memang menarik. seorang pangeran menikah dengan seorang rakyat jelata. bagaikan di negeri dongeng. tetapi, di negeri dongeng tentu saja bisa lebih dramatis lagi. salah satunya adalah di film Animasi Rapunzel A Tangled Tale.


bagaimana tidak dramatis, pernikahan yang terjadi di film ini adalah antara seorang Putri Kerajaan yang cantik dengan pencuri. kok bisa?kok keluarga kerajaan merestui?yah, namanya juga film. dan inilah dia ulasan selengkapnya.

siapa yang tidak ingin memiliki tanaman yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit?atau kembali muda meski seharusnya sudah jompo?tentu tidak ada. itulah yang menyebabkan Mother Gothel menyembunyikan untuk dirinya sendiri.

semua berjalan sempurna hingga suatu hari, Ratu yang sedang mengandung sakit. tidak ada obat hingga akhirnya tabib menceritakan mengenai legenda tamanan tersebut. Raja pun memerintahkan seluruh prajuritnya untuk mencari tanaman tersebut. beruntung, tanaman itu ditemukan ditempat persembunyiannya. Ratu sembuh dan melahirkan seorang anak perempuan yang berambut emas, efek dari tamanan obat berwarna emas tersebut.

tak mau kehilangan kemudaannya, Mother Gothel pun mencari akal. dia berusaha untuk memotong rambut emas Rapunzel yang ia yakini memiliki khasiat yang sama dengan tanaman tersebut. sayang, rambut yang telah dipotong rupanya kehilangan pendar emasnya dan hilang pula khasiatnya. tak habis akal, ia pun akhirnya menculik Rapunzel dan menjaganya disebuah menara, jauh dari manapun, juga siapapun.

18 tahun kemudian, Rapunzel menjadi gadis cantik dengan rambut yang amat sangat luar biasa panjang juga sangat sangat terawat. ia menuruti semua perintah ibunya (Mother Gothel ) dengan sangat baik. tetapi, keluarga kerajaan yang tak pernah putus harapan mencari Rapunzel rupanya selalu menerbangkan lentera lilin pada setiap kali ulang tahun Rapunzel. Rapunzel pun ingin melihat itu olangsung dari dekat. sayang, Ibunya tak pernah mengijinkan.


suatu hari, datanglah pencuri bernama Flynn Ryder yang sedang melarikan diri ke Menara. bermaksud untuk bersembunyi di menara, tetapi ia malah dilupuhkan oleh Rapunzel dengan wajannya. ya wajan!rupanya wajan tidak hanya berfungsi untuk memasak,tetapi juga untuk membela diri. dapatkanlah wajan di pasar terdekat!persediaan terbatas!!


hasil curian Flynn pun disita oleh Rapunzel. ia baru akan menyerahkan hasil curian tersebut setelah Flynn bersedia untuk mengantarnya melihat lentera diterbangkan selama Ibunya tidak ada. kesepakatan pun terjadi. sayang, semua tak semulus rencana.

ditengah perjalanan, Ibunya mengetahui bahwa anaknya melarikan diri dari menara. ia berusaha untuk menyuruh Rapunzel pulang. tetapi Rapunzel yang sudah "ngebet" untuk melihat lentera tidak mau pulang. selain itu, ia juga sudah jatuh cinta kepada Flynn. melihat hal itu, Mother Gothel pun berkata kepada Rapunzel bahwa Flynn akan meninggalnya.


Mother Gothel pun mencoba berbagai cara untuk memisahkan keduanya hingga memperalat kedua mantan teman Flynn yang pernah Flynn khianati. berhasil. mereka terpisah akibat Flynn dibuat pingsan oleh kedua mantan temannya. mereka pun hendak menculik Rapunzel, dan bakk bukk, mereka dijatuhkan oleh Mother Gothel, ia bagai pahlawan dimata Rapunzel. Rapunzel pun kembali ke menara.


tetapi, Rapunzel mendadak mengingat jadi dirinya yang sebenarnya. masa kecilnya di istana dan segalanya. ia pun hendak keluar menara. tetapi ibunya menghalanginya. disisi lain, Flynn yang telah bangun dari pingsannya berada di penjara. tak tanggung tanggung, ia akan digantung akibat kejahatannya, mencuri tiara kerajaan. disaat saat genting, flynn akhirnya mengetahui siapa sebenarnya Mother Gothel. ia pun berhasil meloloskan diri dari penjara dan langsung menuju menara dimana Rapunzel berada.

sesampainya dimenara, tussss, Flynn langsung ditusuk dengan pisau oleh Mother Gothel,ia pun sekarat. Rapunzel pun membuat perjanjian dengan Mother Gothel. ia akan menuruti apapun permintaan Mother Gothel asalkan ia boleh menyembuhkan Flynn. Mother Gothel pun setuju. saat Rapunzel akan menyembuhkannya, Flynn nekat memotong rambut Rapunzel. Mother Gothel pun berubah menjadi tua. panik, ia tersandung oleh rambut Rapunzel dan jatuh dari menara.

Rapunzel menangisi kepergian Flynn sambil menyanyikan sebuah lagu. ia menitikkan air matanya di pipi Flynn. ajaib, Flynn pun sembuh. mereka kembali ke Istana dan menemui raja dan Ratu. setelah itu mereka pun menikah dan hidup bahagia selamanya.

berbagai adegan lucu mewarnai film ini. tetapi untuk anak dibawah umur harap didampingi oleh orang tuanya. karena selain adegan kekerasan dan pembunuhan, adegan kematian pun banyak diperagaan disini. untuk yang belum memiliki pasangan, sebaiknya mencari pasangan sebelum nonton film satu ini. karena film ini romantis, sayang kalau anda tidak membawa pasangan.

selamat menonton

teks/gambar : Putralangit/berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar