Kamis, 21 April 2011

Pahlawan Nasional RA Kartini

siapa yang tidak mengetahui pahlawan nasional RA Kartini? pahlawan satu ini memang spesial. dilahirkan pada tanggal 21 April 1879 di Jepara Jawa Tengah, ia menunjukkan pada bangsa Indonesia bahwa wanita juga memiliki hak yang sama dengan laki laki. berawal buku buku, koran dan majalah eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berasa pada status sosial yang rendah. tapi jangan salah, ia rupanya tak hanya memikirkan emansipasi wanita, tetapi juga masalah sosial umum. kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan , otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas.

inilah yang menunjukkan bahwa ia memang wanita yang sangat cerdas. tak jarang ia menuliskan pemikiran pemikirannya yang di muat di De Hollandsche Lelie. disini terlihat, ia membaca seuatu dengan sangat perhatian.



pada tahun 1903, Kartini dijodohkan denga bupati Rembang, K.R.M. Adipati Djojo Adhiningrat, yang sudah memiliki 3 istri. ia menikah tepatnya pada tanggal 12 Nivember 1903. suaminya mengerti keinginannya dan akhirnya mendirikan sekolah wanita disebelah pintu gerbang kompleks kantor kabupaten rembang, atau sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai gedung pramuka.

penetapan RA Kartini sebagai pahlawan nasional di tetapkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 2 Mei 1964 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia no 108 tahun 1964 sekaligus menetapkan tanggal 21 April sebagai hari Kartini.


Teks/Foto: AH,wikipedia.com/wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar