Kamis, 21 April 2011

Ratatouille : Kejujuran Melebihi Segalanya

long week end yang terjadi di minggu ini sangatlah sayang jika dilewatkan begitu saja. ada banyak yang memilih jalan jalan bahkan hingga beberapa hari. lantas, bagi anda yang tidak ingin berpergian jauh atau hanya sekedar ingin di rumah menonton DVD mungkin menjadi salah satu pilihan anda.

DVD yang akan kita bahas kali ini (mengingat libur panjang identik dengan kartun) adalah sebuah film lama berjudul Ratatouille.

film ini menceritakan mengenai Remy, seekor tikus yang tidak mau menjadi tikus "yang sama" dengan tikus yang lain. ia memiliki cita rasa terhadap makanan yang tinggi dan bahkan ia rela habis habisan untuk memasak makanan kesukaannya.

tinggal di sebuah rumah dengan seorang nenek yang gemar menonton tayangan masak memasak yang dibawakan oleh Auguste Gusteau. Remy yang sangat menyukai gusteau shock saat Gusteau meninggal. tetapi karena sudah terkena doktrin dari Gusteau, "semua orang dapatmemasak" ia pun masih berusaha untuk menciptakan makanan yang terbaik dan menolak makanan sampah.

sebuah keecelakaan terjadi dirumah si nenek saat Remy sedang memasak. yang membuat ia dan koloninya harus melarikan diri dari rumah tersebut. Remy pun terpisah dari kelompoknya dan terdampar di Paris. lebih tepatnya di bawah restoran Gusteau. disinilah ia bertemu dengan Alfredo Linguini, seorang tukang sampah dan cleaning service yang ceroboh. ia sempat menumpahkan sup. untuk menutupi kesalahannya, dia menambahkan air juga bumbu secara asal yang menyebabkan rasanya tidak karuan.

Remy yang tidak rela sup itu hancur, akhirnya membetulkan sup tersebut secara diam diam. tetapi hal tersebut rupanya terlihat oleh Linguini. terkesima dengan hal tersebut, ia pun menyembunyikan Remy dibalik topinya. dan supnya ternyata disukai oleh para konsumennya. Skinner, sang kepala koki pun akhirnya mengangkat Linguini sebagai salah satu kokinya.

Skinner dasarnya tidak percaya Linguini bisa memasak. hal ini memang benar adanya. sejak kejadian itu, Linguini dan remy bersahabat. Remy membantu Linguini memasak. ia menemukan cara untuk mengendalikan gerakan Linguini dengan cara menarik narik rambut Linguini. semua berjalan lancar hingga satu saat, Linguini mulai "besar kepala". ia lupa bahwa kesuksesan yang dimiliki adalah karena bantuan Remy. disaat yang sama, Skinner dikeluarkan dari restoran karena berusaha untuk menyembunyikan fakta bahwa Linguini adalah pewaris sah dari restoran Gusteau.

situasi bertambah kacau saat Anton Ego mendatangi Restoran Gusteau. ia adalah kritikus makanan yang ulasannya menentukan jumlah bintang yang dimiliki oleh restoran tersebut. kekacauan belum berakhir. akibat pertengkarannya dengan remy, linguini terpaksa menceritakan seluruh rahasianya yang jaga rapat rapat kepada rekan rekannya. akibatnya tak ada satupun koki yang mau menjadi bagian restoran tersebut.

Remy yang tidak tega melihat hal tersebut pun akhirnya turun tangan. ia dan Linguini sepakat untuk kembali bekerja sama dan mengundang seluruh koloni tikus untuk memasak bersama Remi. Linguni bertugas sebagai pelayan.

meski terjadi pertengkaran sesama rekan, Collete akhirnya memutuskan untuk kembali ke restoran. alangkah terkejutnya dia saat ia melihat sekawanan tikus yang memasak di dapurnya. tapi setelah melihat kemampuan Remy, ia pun mengakui kemampuannya dan mau untuk bekerja sama. masalah belum selesai. tim pemerikasa kesehatan pun mendadak masuk ke dapur. melihat dapur penuh tikus ia pun kabur dan berusaha menghubungi pemberantas hama. terlambat, para tikus berhasi menyerbu, mengikat petugas dan memasukkan ke dalam gudang.

tetapi masalah utama belum selesai. Ego masih belum mendapat makanannya. Remy pun memutuskan untuk memberikan Ratatouille, sebuah makanan yang terdiri dari terong, tomat, bawang, paprika, zuicchini dan bumbu bumbu sederhana dan disram dengan minyak zaitun. tetapi kesedrahaan ii membutuhkan koki yang hebat untuk menjadikannya luar biasa. dan masakan ini disukai oleh Ego!

Ego pun ingin berterima kasih pada Linguini karena telah menyajikan masakan yang sempurna. tetapi Lingini menolak. ia dan Collete memutuskan untuk memberitahu Ego siapa juru masaknya. tetapi ia harus menunggu sampai seluruh pengunjung pulang. Ego pun tertawa saat melihat Remylah yang ditunjukkan padanya oleh Linguini dan Collete. tetapi senyumnya memudar sejalan dengan pertunjukan memasak Remy.

kaget, tetapi sebagai kritikus yang profesional, ia pun menuliskan pendapatnya di media massa secara objektif. sayang, meski Ego menyukai masakannya, restoran Gusteau harus ditutup dengan alasan kesehatan.


dan, jauh dari pusat kota, Remy dan Linguini membuka restoran di pinggir kota Paris. lebih sederhana, tetapi tetap mewah. pengunjungpun banyak meski yang memasak adalah seekor tikus. dan salah satu pengunjungnya adalah Ego.

film ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah persahabatan dan membuktikan, kejujuran dapat memberikan hal yang lebih baik meski kadang, jujur adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

selamat menonton,dan selamat berakhir pekan

teks/foto : AH/berbagai sumber

1 komentar: