Minggu, 17 April 2011

Tips Mencegah Maling Masuk Rumah Anda

kejahatan semakin lama semakin marak. meski penjagaan semakin ketat, kita juga harus memastikan agar rumah kita tetap aman walau kita pergi. berikut adalah tips tips dari redaksi untuk lebih meningkatkan keamanan rumah anda.


1. jangan tinggalkan rumah kosong. ini adalah hal paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga keamanan rumah anda. jika anda harus berpergian, pastikan rumah masih ada orang yang menunggu.

2. kunci pintu, jendela dan pagar. jika terpaksa harus meninggalkan rumah kosong, pastikan pintu, pagar dan jendela rumah anda terkunci rapat. walau anda hanya pergi sebentar ke warung, pastikan ini tidak anda lupakan.

3. jangan meninggalkan rumah terlalu lama. semakin lama anda meninggalkan rumah, makin lama juga waktu yang dimiliki maling untuk menggasak rumah anda.

4. titip pada satpam dan tetangga. jika terpaksa pergi lama ddalam keadaan rumah kosong, titiplah rumah anda pada tetangga dan satpam. menitip rumah memang tidak semudah menitip kunci rumah. karena rumah tidak bisa di bawa di dalam kantong celana. tetapi dengan menitipkan rumah, tetangga dan satpam akan memberikan perlindungan ekstra dan bila ada hal yang mencurigakan dapat segera diselesaikan.

5. gunakan saklar otomatis (sensor matahari). dasarnya sederhana, sensor berfungsi menyalakan dan memadamkan lampu rumah anda, jika gelap ia akan menyala dan bila siang akan mati. ini memberikan kesan "dirumah ada orang" dan malingpun akan berpikir 2 kali untuk kerumah anda.

6. jangan parkir sembarangan.usahakan taruh motor anda di dalam rumah. jika harus diluar rumah pastikan pagar rumah anda di gembok. untuk mobil, cukup susah untuk memasukkan mobil ke dalam rumah. jadi pastikan mobil anda berada di garasi dan pagar digembok. jika mobil anda harus ada yang parkir diluar, pastikan mobil anda di kunci stir dan asuransi all risk. karena maling juga rajin mematahkan spion mobil.

7.perhatikan sekitar. Sebelum mengeksekusi rumah, biasanya maling akan survey tempat mencari waktu yang tepat. biasanya mereka survey dan eksekusi dengan menggunakan motor. ini dikarenakan jika mereka jalan kaki, tentu mereka akan lebih mudah tertangkap satpam. maling juga harus bermodal kan? jadi jika anda melihat motor yang berjalan pelan pelan, tanpa helm (ini tidak mutlak. jika malingnya takut kena tilang, biasanya mereka pake helm) dan ia celinga celinguk tidak jelas, harap langsung catat no polisinya dan lapor satpam. biarkan yang berwajib yang menanganinya.

8. jangan takut lapor RT. kadang sebagai warga suka segan untuk minta bantuan RT karena takut merepotkan. tapi tenang saja, tugas RT adalah melayani warga. adalah wajar kita minta bantuan RT mengenai keamanan. berikan usul yang layak dan jangan segan untuk menegur RT atau satpam yang tidak membantu.

demikian tips yang kami rangkum untuk anda. semoga ini dapat membantu anda dalam menjaga rumah anda dari kemalingan.

Teks/gambar: AH/www

Tidak ada komentar:

Posting Komentar