Selasa, 28 Juni 2011

Penyakit Tipes : Proses hingga cara mencegah penyakit ini

Dalam kehidupan sehari hari, sering kali kita tidak mempedulikan tentang “apa yang kita konsumsi”. Kadang kita hanya memikirkan rasa,harga, dan jumlah. Sering kali kita tidak memperhatiakan kebersihan makanan atau minuman yang kita konsumsi. Ini akan beresiko mudahnya kuman penyakit yang masuk kedalam tubuh kita.

Salah satunya adalah Kuman Salmonella typhi yang menyebabkan penyakit tipes. Ahli penyakit dalam, penyakit tropik, dan infeksi dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, Prof Djoko Widodo, mengatakan bahwa tifus kerap kali diawali dengan gejala yang ringan. Keluarga penderita biasanya kesulitan mengenali gejala itu sejak awal.

”Pada penyakit tifus, demam naik perlahan. Pada minggu pertama, demam naik turun. Baru pada minggu kedua demamnya tinggi, hingga menjadi parah,” katanya dalam simposium bertema ”Penanganan Demam Tifoid pada Praktik Sehari-hari”, Sabtu (25/6/2011) pekan lalu di Jakarta.

Gejala tipes beragam, diantaranya adalah nyeri di ulu hati, lambung dan otot. Penderita juga sering kali mengalami diare, sakit kepala, mual hingga muntah muntah. Namun gejala ini dapat dihindari jika keluarga penderita dapat segera mengenali penyakit tersebut dan langsung memeriksakan diri kedokter untuk medapatkan penanganan.

Ada banyak cara untuk menghindari penyakit ini, diantaranya adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin terutama sebelum makan dan setelah dari toilet. Usahakan ketika mencuci tangan, gunakan air hangat dan menggosok tangan dengan sabun minimal 30 detik.

Usahakan untuk mengurangi jajan di kaki lima, karena tingkat kebersihan makanan kurang diperhatikan. Belum selesai sampai disana, usahakan makanan yang anda konsumsi dalan kondisi panas, karena dengan cara ini, bakteri yang didalam makanan akan mati. Pengolahan makanan pun harus baik dan matang.


Sumber: Yahoonews, okezone.com

gambar: berbagai sumber

Teks : AH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar