Senin, 06 Juni 2011

Travelers' Tale Belok Kanan : Barcelona!

ingin pergi ke eropa untuk berlibur, adalah hal yang normal. apa lagi jika dibarengi dengan hajatan pernikahan sahabat yang tidak mungkin untuk dilewatkan. tetapi, pergi ke eropa untuk membatalkan pernikahan orang yang dicintai sedangkan orang yang dicintai itu tidak mencintainya atau berusaha untuk menghalangi seseorang menghalangi pernikahan orang yang dicintainya mungkin cukup gila. apa lagi, jika sang mempelai justru mencintai orang yang mencintainya tetapi ditolak. ya, lead aneh ini akan kita akhiri karena seluruh kegilaan tersebut ada di novel yang akan kita bahas kali ini, Travelers' Tale karya Adhitya Mulya, Alaya Setya, Imam Hidayat dan Ninit Yunita.




novel ini menceritakan mengenai 4 orang sahabat sejak kecil yang kemudia, saat SMA, mereka saling jatuh cinta satu sama lain. mereka adalah Retno, Francis, Farah dan Jusuf. berempat mereka telah memendam cintanya satu sama lain.

Retno, yang sebenarnya mencintai Francis telah menolak pinangan cinta dari Francis karena masalah agama. Retno yang galau, biasa curhat dengan Farah yang juga mencintai Francis. sedangkan Farah selalu menceritakan hal ini kepada Jusuf yang sebenarnya telah jatuh cinta sejak operasi katak di lab biologi.

cinta mereka masih tertahan hingga dewasa dan hidup
di 4 negara yang berbeda. tetapi, undangan pernikahan Francis di Barcelona Spanyol membuat mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu bertemu.

Francis, selain akan menikah, ia juga akan mengadakan konser disana. persiapan juga harus ia lakukan. tetapi, rupanya ia masih mencintai Retno. ia pun mengundang Retno untuk hadir di konsernya sebelum pernikahan dilakukan.

Retno pun datang sekedar untuk berlibur sekaligus memenuhu undangan yang diberikan oleh Francis. Retno mencintai Francis sejak lama. baginya, Francis adalah sosok pria sempurna. Francislah yang membuatnya suka bakpao setelah bekal makanannya ditumpahkan oleh Jusuf saat masih kecil. tetapi, Retno telah menolak Francis karena masalah perbedaan agama.

Farah lain lagi, ingin ke Barcelona memang untuk ketemu
dengan Francis, tetapi niatnya berbeda. ia datang untuk menyampaikan cintanya dan untuk menghentikan pernikahan tersebut.

Jusuf yang tahu niat Farah, ingin menggagalkan niat Farah untuk menggagalkan pernikahan Francis. ia harus melalui negara yang sedang bertikai
dan harus dikira teroris untuk menghalangi niat Farah.
saat mereka berempat bertemu, mereka pun menyampaikan isi hati mereka dan terjadi drama disana.

Farah menyampaikan niatnya. ia mencintai Francis dan ingin hidupdengannya, tetapi Francis pun membuat kejutan yang luar biasa, ia membatalkan pernikahannya demi retno dan meminta untuk menikah dengannya. Retno terpaksa menolak karena alasan agama. dan Jusuf, akhirnya menyampaikan bahwa ia mencintai Farah. keadaan kacau saat itu, mereka pun berpisah dengan pemikirannya masing masing.

saat mereka pulang, mereka menggunakan bis yang sama. ajaib. mereka lebih tampak menjadi orang yang tidak kenal satu sama lain. Retno dan Farah pergi membawa jawaban dari Jusuf dan Francis. dan ketika hanya tinggal Jusuf dan Francis, Francis ke loket pemesanan tiket untuk mengejar jawaban dari Retno.

tak mau kalah, Jusuf pun mengejar Farah untuk meminta jawaban. sesaat, ia mengira Farah telah pergi. tetapi ia salah. ia berhasil menemukan Farah, dan well, jawabannya adalah sebuah kecupan.

novel ini memberikan pelajaran betapa kita harus mengejar cinta dan cita cita. kadang kita tidak boleh pelit untuk diri kita sendiri karena semua memang memerlukan pengorbanan. cinta adalah sesuatu yang layak untuk dikejar meski jaraknya setengah keliling bumi. karena, kita memang layak untuk bahagia dengan orang yang kita sayang.

lalu, bagaimana dengan kisah cinta anda?

judul buku : Travelers' Tale Belok Kanan : Barcelona!
karya : Adhitya Mulya, Alaya Setya, Imam Hidajat, Ninit Yunita
penerbit : Gagasmedia

Teks/gambar: Putralangit/AH-berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar